NASIONAL

Pengamat: Menko Ekonomi Jokowi Harus Kompeten dan Bersih

"Presiden Joko Widodo diminta memilih menteri ekonomi yang memiliki kompetensi dan bersih."

Ninik Yuniarti

Pengamat: Menko Ekonomi Jokowi Harus Kompeten dan Bersih
jokowi, presiden

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo diminta memilih menteri ekonomi yang memiliki kompetensi dan bersih. 


Pengamat ekonomi INDEF Ahmad Erani Yustika mengatakan, figur pembantu presiden bidang ini harus sevisi dan secara konsisten menyuarakan platform ekonomi Jokowi. Kata dia, banyak figur memenuhi kriteria tersebut.


"Kalau kemudian Jokowi-JK mengagendakan untuk penguatan kedaulatan ekonomi, pembangunan maritim. Kemudian mendorong ekonomi rakyat, penguatan sektor pertanian, termasuk program reformasi agraria, tentu saja pembantu di bidang ekonomi adalah mereka yang memahami dan menyuarakan secara konsisten isu-isu dari sejak lama,” papar Ahmad Erani Yustika


“Kemudian, tentu saja, dia harus juga memahami tentang tantangan-tantangan ke depan yang harus dijalankan sehingga desain program-program ekonomi yang lebih detil yang dirancang oleh para menteri ekonomi itu.” 


Ahmad Erani Yustika menambahkan, pemerintahan Jokowi-JK akan menghadapi setidaknya tiga tantangan ekonomi. Pertama, kedaulatan dan kemandirian ekonomi saat ini yang cenderung menurun. Kedua, keadilan ekonomi, di mana terdapat ketimpangan kesejahteraan. Dan yang ketiga, penguatan ekonomi domestik guna mengurangi ketimpangan tersebut.


Editor: Antonius Eko 


  • jokowi
  • presiden

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!