NASIONAL

Panitia Pastikan Jokowi Diarak Dengan Andong

"Relawan Jokowi memastikan Jokowi diarak dengan menggunakan andong dan bukan kereta kencana. Kereta kencana merupakan kendaraan keluarga keraton atau raja-raja kerajaan untuk menghadiri acara besar kenegaraan."

Novaeny Wulandari

Panitia Pastikan Jokowi Diarak Dengan Andong
pelantikan, jokowi, presiden, kirab, andong

KBR, Jakarta- Relawan Jokowi memastikan Jokowi diarak dengan menggunakan andong dan bukan kereta kencana. Kereta kencana merupakan kendaraan keluarga keraton atau raja-raja kerajaan untuk menghadiri acara besar kenegaraan.

Koordinator Jokowi Advanced Social Media Volunteers (Jasmev) Kartika Djoemadi menjelaskan, kereta kuda tersebut merupakan sumbangan dari relawan. Kata dia, penggunaan kereta kencana tersebut hanyalah isu.

"Kereta bukan kereta kencana, andong kereta kuda. Kita tidak pernah bicara soal kereta kencana. Bagaimana cara ngeluarinnya dari museum. Biasa itu buat bikin hoax, gambar keretanya disebar-sebarin. Padahal kita tidak pernah rapat pakai gambar itu. Dari HI ke Monas, karena tadinya kita mau dari Semanggi, tapi karena kita itung jarak tempuhnya itu tidak cukup waktunya. Karena pak Jokowi akan ada resepsi di Istana," ujar Kartika kepada KBR.

Sebelumnya beredar kabar Jokowi akan dikirab dengan menggunakan kereta kencana. Apalagi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, kereta kencana yang bakal dipakai Jokowi dan JK nanti sudah disiapkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Penggunaan kereta kencana ini menuai protes, karena dinilai terkesan menonjolkan priyayi kerajaan dan tidak merakyat.

Editor: Dimas Rizky


  • pelantikan
  • jokowi
  • presiden
  • kirab
  • andong

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!