NASIONAL

Menteri Jokowi Tak Dijamin Bebas Korupsi

"KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi tidak menjamin menteri di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bebas dari korupsi. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, dengan kekuasaan yang diberikan kepada menteri berpeluang terjadi korupsi."

Yudii Rachman

Menteri Jokowi Tak Dijamin Bebas Korupsi
jokowi, kabinet, KPK, korupsi

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi tidak menjamin menteri di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bebas dari korupsi. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, dengan kekuasaan yang diberikan kepada menteri berpeluang terjadi korupsi.

Kata dia, KPK sudah memiliki rekam jejak menteri yang baru saja dilantik. Dengan data awal tersebut akan digunakan KPK untuk melakukan pengawasan menteri-menteri di kabinet kerja.

"KPK tidak pernah menjami orang yang tidak punya catatan pun itu akan tidak korupsi ketika menjabat sebagai menteri. Karena, ketika orang diberi kekuasaan bisa saja orang itu menjadi lupa. Demikian juga, apabila ada catatan-catatan yang kemudian disampaikan ke Pak Jokowi dan orang tersebut dipilih menjadi menteri, itu juga tidak ada jaminan 100 persen orang itu  akan korupsi, sebaliknya," ujar Johan di Gedung KPK, Senin (27/10).

Sebelumnya, dalam seleksi menteri di Kabinet Kerja Jokowi, KPK diberikan tugas untuk mencari rekam jejak dan hubungan calon menteri dengan kasus korupsi yang sedang ditangani KPK, Kejaksaan dan Kepolisian. Ada 43 nama yang dilakukan uji rekam jejak dengan hasil delapan calon menteri mendapatkan raport merah dan kuning.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • kabinet
  • KPK
  • korupsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!