NASIONAL

Menlu: Kita Tegas, Tapi Menghindari Konfrontasi

"KBR, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Priansa menyatakan sikap Indonesia dalam diplomasi akan tegas dan bermartabat. Namun tegas tak berarti Indonesia akan melakukan konfrontasi jika kepentingan bangsa diganggu negara lain."

Menlu: Kita Tegas, Tapi Menghindari Konfrontasi
menteri luar negeri, blusukan, jokowi

KBR, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Priansa menyatakan sikap Indonesia dalam diplomasi akan tegas dan bermartabat. Namun tegas tak berarti Indonesia akan melakukan konfrontasi jika kepentingan bangsa diganggu negara lain.

Selain itu Retno menegaskan bahwa hubungan diplomasi di bawah kepemimpinannya akan mengedepankan diplomasi yang pro-rakyat.

"Tegas itu tidak harus selalu konfrontatif. Saya ini perempuan. Saya gak tahu saya tegas atau tidak. Kata orang saya tegas, kata orang ya. Kalau kata anak saya, saya galak. Tapi saya mencoba untuk tidak berkonfrontasi dengan yang lain. Jadi dengan menjalankan ketegasan ini yang penting tujuan kita tercapat," kata Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Rabu (29/10).

Menteri Luar Negeri perempuan pertama ini ingin menghindari pertentangan secara terang-terangan dengan negara lain karena sejumlah hal. Salah satunya insting seorang ibu yang mengatakan bahwa konfrontasi kerap menjadikan perempuan dan anak kecil sebagai korbannya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • menteri luar negeri
  • blusukan
  • jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!