NASIONAL

Menag Lukman Hakim Minta Rakyat Kawal Terus Menag Selanjutnya

Menag Lukman Hakim Minta Rakyat Kawal Terus Menag Selanjutnya
Lukman Hakim, Menag, Menteri Agama

KBR, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin meminta masyarakat terus kritis kepada siapa pun menteri agama selanjutnya. Kata Lukman, masyarakat harus tetap mengawal program kebebasan beragama dari Jokowi-Jusuf Kalla supaya tetap di jalurnya.


Hal ini disampaikan dalam seminar kebebasan beragama di Jakarta, Jumat (17/10) siang. Seminar ini dihadiri oleh politikus PDIP Eva Kusuma dan aktivis kebebasan beragama.


"Siapa pun menteri agamanya, menurut saya, harus terus dikawal. Harus terus dikawal agar kehidupan beragama kita dan kualitas kehidupan keagaman kita bisa lebih baik," kata Lukman dalam acara tersebut. 


Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyebutkan sejumlah PR buat menteri agama baru. Masalah ini terutama dihadapi agama dan kepercayaan di luar 6 yang sudah dilayani. Misalnya Bahai, Sunda Wiwitan, Tao, dan lainnya. Umat agama-agama tersebut masih sulit mencantumkan agama mereka di KTP, sulit mendapatkan akta perkawinan, dan membangun rumah ibadahnya,


Kata Lukman, negara harus adil kepada seluruh warganya, terlepas dari agama yang dipeluk. "Kalau ulama itu yang dituntut kealimannya, ilmunya. Kalau umara (pemerintah) yang dituntut keadilannya. Pemerintah, siapa pun dia, itu harus betul-betul adil menyikapi semua warga negaranya," tambah politisi PPP ini.


  • Lukman Hakim
  • Menag
  • Menteri Agama

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!