NASIONAL

Masih Dikepung Asap, Jarak Pandang di Sumatera Selatan Minim

"Jarak pandang di wilayah Sumatera Selatan akibat kabut asap terus menurun hingga dibawah 500 meter."

Novaeny Wulandari

Masih Dikepung Asap, Jarak Pandang di Sumatera Selatan Minim
asap, sumatera, jarak pandang, minim

KBR, Jakarta- Jarak pandang di wilayah Sumatera Selatan akibat kabut asap terus menurun hingga dibawah 500 meter.
 
Kepala Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Riau, Sugarin menjelaskan, selain dari Sumatera Selatan kontribusi kabut asap hari ini juga berasal dari Riau. Sebab angin yang berkecepatan antara 5 sampai 15 knot bertiup dari tenggara ke arah barat. Karena itu pihaknya telah memperingatkan pihak bandara setiap 30 menit sekali. Selain itu kata Sugarin, tingkat polusi udara di daerahnya sudah parah.

"Pekanbaru itu visibility 500 meter jam 07:00 pagi tadi. Kemudian di daerah Rengat 50 meter, Dumai 1kilo, dan Pelelawan 500 meter. Kemudian kondisi indeks pencemaran udara, di Pekan baru itu sangat tidak sehat. 240, normalnya ya dibawah itu jauh ada skalanya itu. Ya artinya begini, keputusan untuk landing dan take off itu kan tergantung pilot and common. Jadi keputusan ada di pilot, tapi biasanya kondisi kaya gitu banyak pesawat tidak mau turun," ujar Sugarin

Kemarin Jarak pandang di bandar udara Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau menurun hingga 800 meter.

Pantauan BMKG Riau menyebutkan, memburuknya cuaca dan asap di Riau terjadi sejak jumat lalu. Sejak kemarin ada sekitar 58 titik api di wilayah Sumatera Selatan.

Editor: Dimas Rizky

  • asap
  • sumatera
  • jarak pandang
  • minim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!