Kriteria Tambahan Calon Menteri Kabinet Jokowi

Mungkin saja mereka mengganggu. Tapi ingat mereka tidak punya chemistry di antara mereka sendiri untuk sampai menjegal pemerintahan

NASIONAL

Kamis, 09 Okt 2014 18:55 WIB

Author

KBR

Kriteria Tambahan Calon Menteri Kabinet Jokowi

kabinet Jokowi, Abdee Negara Slank, konser salam dua jari, pelantikan presiden

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Jokowi - JK tak perlu cemas dengan kuatnya dominasi koalisi pro Prabowo di parlemen.Sepanjang figur-figur yang dipilih dalam kabinet memiliki kompetensi kuat dan rekam jejak bersih, pemerintahan baru akan bisa menghadapi parlemen secara lebih imbang.


Pengamat politik dari UGM Arie Sudjito menekankan pentingnya para menteri yang akan bekerja bersama Jokowi - JK memiliki kemampuan analisis yang cukup, di samping mampu bekerja cepat. 


"Pak Jokowi itu terkenal karena kemampuannya mengeksekusi sebuah program secara cepat. Justru karena itu, para anggota kabinet nanti selain memiliki kemampuan yang sama dalam mengeksekusi program, mereka juga harus mampu melakukan analisis atas berbagai masalah yang menjadi bidangnya."


Menurut Arie, yang membedakan antara Jokowi dengan SBY adalah gaya kepemimpinannya. "Pak Kuntoro itu, melalui UKP4, sudah banyak memberi masukan kepada SBY untuk membenahi berbagai kementerian. Tapi sayangnya itu tak dieksekusi oleh SBY," ujarnya dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Diskusi Ekonomi Politik (FDEP) di Jakarta, Kamis (9/10).


Arie Sudjito juga tak terlalu khawatir pemerintahan Jokowi bakal diganggu koalisi pro Prabowo, sepanjang partai-partai pendukung Jokowi dan para relawan mampu mengelola kerja-kerja politik untuk mengatasi gangguan itu. “Mungkin saja mereka mengganggu. Tapi ingat mereka tidak punya chemistry di antara mereka sendiri untuk sampai menjegal pemerintahan."


Selain Arie Sudjito, hadir sebagai pembicara adalah pengamat politik Yunarto Wijaya, Andrinof Chaniago, stand up comedian Sammy Notaslimboy, dan musisi Slank yang menjadi motor Konser Salam Dua Jari, Abdee Negara.  


Jokowi - JK menurut rencana akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden di gedung MPR/DPR pada 20 Oktober mendatang. Usai pelantikan, para relawan merencanakan untuk membuat semacam penyambutan besar yang akan dipusatkan di kawasan Monas pada hari yang sama.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17