NASIONAL

Kontras: Rekam Jejak Setya Novanto dan Fadli Zon Buruk

Kontras: Rekam Jejak Setya Novanto dan Fadli Zon Buruk


KBR, Jakarta - Komisi Untuk Orang Hilang dan Kekerasan (Kontras) menyatakan Pimpinan DPR Setya Novanto dan wakilnya Fadli Zon masuk dalam daftar anggota DPR dengan rekam jejak buruk. 


Kata aktivis Kontras Chrisbiantoro, Setya Novanto pernah menjadi tersangka kasus korupsi namun kasusnya ditutup. Sedang Fadli Zon diduga pernah melakukan politik uang di Semarang. 


Selain itu nama-nama dari PDIP yang dinilai paling memiliki rekam jejak yang buruk, diantaranya Jumirat Girsang, Agus Susanto, Nazarudin Kiemas, Isma Yatun, Effendi Simbolon, Pramono Anung, MIndo Sianipar,  Adriyansyah, Olly Dondokambey, Wayan Koster. 


Kata dia, banyaknya kader yang memiliki rekam jejak yang buruk karena lemahnya sistem penyaringan kader.


"Sebagai mesin politik. sebagai partai politik yang menopang, pilar demokrasi ternyata tidak cukup untuk menyeleksi calon anggota-anggota legislatif. Yang tidak bermasalah secara hukum, yang tidak bermasalah secara kriminal, maupun tindak pidana khusus korupsi. Itu tidak cukup baik mekanisme cara melacak rekam jejak khususnya dari PDIP," ujar Chrisbiantoro.


Chrisbiantoro menambahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga harus lebih selektif dalam melacak rekam jejak anggota legislatif. Sebab penyaringan terakhir berada di KPU. Kata Kontras, ada 242 anggota DPR periode 2014 - 2019 memiliki rekam jejak yang buruk. 318 diantaranya adalah wajah baru sedang 242 lainnya merupakan wajah lama.


Editor: Antonius Eko 


  • Kontras
  • Setya Novanto
  • Fadli Zon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!