DPD Usung Oesman Sapta Sebagai Calon Ketua MPR

KBR, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) memutuskan nama Oesman Sapta sebagai calon pimpinan MPR.

NASIONAL

Selasa, 07 Okt 2014 01:41 WIB

Author

Bambang Hari

DPD Usung Oesman Sapta Sebagai Calon Ketua MPR

ketua MPR, DPD, Oeseman Sapta, KMP, Jokowi

KBR, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) memutuskan nama Oesman Sapta sebagai calon pimpinan MPR. Munculnya nama Oesman Sapta berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilakukan terhadap 122 anggota DPD.

Oesman meraih suara terbanyak yakni 67 suara dari delapan calon pimpinan yang ada. Ketua Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Bambang Sadono mengatakan, dengan hasil ini, maka nama Oesman akan diajukan pada proses pemilihan Pimpinan MPR yang akan berlangsung besok pagi. (Baca: Ketua DPD: Kita Ingin Menghindari Voting di MPR)

"Untuk itu, saya minta semua anggota DPD untuk hadir besok pagi di Gedung Nusantara untuk menghadiri proses pemilihan Ketua MPR. Kita harus solid," pinta Bambang usai rapat pleno di Gedung DPD.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah mengusulkan sembilan nama yang akan dijadikan sebagai salah satu kandidat Pimpinan MPR. Dari nama-nama tersebut, dipilih satu nama yang akan diajukan.

Ketua Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Sadono mengatakan, lembaganya ingin menjadi penengah koalisi pendukung Prabowo Subianto dan pendukung Joko Widodo. Menurut Bambang, hal ini dilakukan karena panasnya persaingan kedua kubu di parlemen.

Paket pimpinan MPR terdiri atas lima orang: satu ketua dan empat wakil ketua. Bambang mengusulkan agar posisi Ketua MPR diisi dari DPD, sedangkan unsur empat wakil ketua diisi dua perwakilan dari koalisi pendukung Prabowo dan dua dari koalisi pendukung Jokowi.

Adapun sembilan nama calon pimpinan MPR yakni Asmawati, senator asal Sumatera Selatan; Abdul Gafar Usman, senator asal Riau; Hudarni Rani, senator asal Bangka Belitung; Oesman Sapta, senator asal Kalimantan Barat; Andi Mapetahang Fatwa, senator asal DKI Jakarta; Akhmad Muqowam, senator asal Jawa Tengah; John Pieris, senator asal Maluku; Hana Hasanah Fadel Muhammad, senator asal Gorontalo; dan Ajiep Padindang, senator asal Sulawesi Selatan.

Bambang menuturkan DPD mempersilakan fraksi-fraksi di MPR untuk memilih nama yang dianggap bisa bekerja sama dan menjadi satu tim yang solid dengan bakal calon pimpinan MPR. "Kami mempersilakan fraksi-fraksi MPR untuk memilih nama bakal calon yang cocok," ujar Bambang.

Editor: Rony Rahmatha

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?