NASIONAL

Diguyur Hujan Sepekan, Kabut Asap Riau Berkurang

"Kabut asap yang meyelimuti wilayah Pekanbaru, Riau diklaim sudah berkurang dengan jarak pandang hari ini mencapai 2 Km."

Novaeny Wulandari

Diguyur Hujan Sepekan, Kabut Asap Riau Berkurang
kabut, asap, kebakaran

KBR, Jakarta- Kabut asap yang meyelimuti wilayah Pekanbaru, Riau diklaim sudah berkurang dengan jarak pandang hari ini mencapai 2 Km. Hal ini disebabkan hujan sudah mengguyur wilayah setempat selama sepekan terakhir.

Kepala Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Riau, Sugarin menjelaskan, kalau kabut yang terlihat pagi ini adalah kabut basah atau asap sisa kebakaran yang terkena hujan. Ia juga menjelaskan, berdasarkan arah angin kabut asap tidak mengarah ke Riau, melainkan ke Sumatera Barat dan Bengkulu.

"Di Pekanbaru itu tadi pagi jarak pandang 2 km, cuacanya itu haze atau kabut tapi kabut basah. Rengat itu 3 km, Dumai 3km, Peleleawan 300 meter fog. Fog itu hampir mirip dengan kabut tapi basah. Untuk kondisinya amanlah. Lalu prediksi cuaca di Riau, umumnya berawan, potensi hujan ringan hingga sedang disertai petir hingga siang sore dan malam hari terjadi merata di wilayah Riau bagian Barat, Tengah dan Timur," ujar Sugarin kepada KBR.

Sugarin menambahkan, untuk pagi ini di Sumatera Selatan masih terdapat 12 titik api, Bengkalis satu titik api, sedang di Riau tidak dapat terditeksi karena tidak dilewati satelit.

Pekan lalu Jarak pandang di wilayah Sumatera Selatan akibat kabut asap terus menurun hingga 500 meter. Sehingga tingkat pencemaran udara tinggi dan banyak orang yang terkena ganguan pernafasan, juga mengganggu penerbangan.

Editor: Dimas Rizky

  • kabut
  • asap
  • kebakaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!