NASIONAL

200 Lebih Anggota DPR Baru Punya Catatan Buruk

"Komisi Untuk Orang HIlang dan Kekerasan (Kontras) mengklaim sekitar 242 anggota DPR periode 2014-2019 memiliki catatan buruk."

Novaeny Wulandari

200 Lebih Anggota DPR Baru Punya Catatan Buruk
kontras, dpr, korupsi

KBR, Jakarta - Komisi Untuk Orang HIlang dan Kekerasan (Kontras) mengklaim sekitar 242 anggota DPR periode 2014-2019 memiliki catatan buruk. 


Aktivis Kontras Chrisbiantoro mengatakan, anggota DPR dari fraksi PDIP menduduki peringkat paling banyak. Dengan jumlah 57 orang. Sedangkan sisanya ada fraksi Golkar dengan 44 orang, fraksi Demokrat 37 orang, fraksi Gerindra 24 orang, fraksi PPP 20 orang, PAN 16 orang, fraksi PKB 11 orang, dan Nasdem 9 orang. 


"Kader-kader PDIP ya, kemudian sisanya itu ada Golkar ada Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PKS, PPP, Hanura, Nasdem. Ada yang erlibat dalam tindak pidana korupsi. Kemudian sebagai terperiksa  pelaku korupsi. Kemudian pelanggaran HAM, dalam backing membacking ekploitasi sumber daya alam," ujar Chrisbiantoro di Kontras.


Chrisbiantoro menambahkan, catatan buruk para anggota DPR yang baru diantaranya, menjadi tersangka korupsi, dugaan terlibat kasus korupsi. Aktif membela terdakwa korupsi, pelanggaran HAM. Pernah terkena kasus pidana, pernah mendapat sanksi etik oleh BK DPR, dan catatan absen yang buruk. 


Dari 560 anggota DPR periode 2014-2019, 318 diantaranya merupakan wajah baru, sedangkan 242 sisanya wajah lama.


Editor: Antonius Eko 

  • kontras
  • dpr
  • korupsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!