NASIONAL

Walah, Ada Caleg yang Lulusan SMP

Walah, Ada Caleg yang Lulusan SMP

KBR68H, Jakarta - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menemukan tiga calon anggota legislator hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masing-masiong caleg berasal dari Partai Golkar, NasDem, dan Partai Bulan Bintang.

Peneliti Senior Formappi Mey Neliketahupia mengatakan, salah satunya adalah caleg berusia 18 tahun, yang terdaftar di Daftar Caleg Tetap (DCT) 2014. Formappi menuding KPU sengaja meloloskan ketiga calon pelanggar syarat caleg tersebut.

"Wasista Bambang Utoyo. Dia keterangannya itu hanya mencantumkan ijazah SMP dan tidak ada keterangan lain. Sekarang ini pekerjaannya mantan Anggota DPRD. Kemudian ada satu lagi, Namya Gunawan BSC, di dari Dapil Jabar VII. Usianya baru 18 tahun," ujar Mey di Jakarta, Kamis (3/10).

Mey Neliketahupia menilai, KPU telah melanggar peraturan KPU tentang syarat Caleg. Kata dia, pendidikan caleg harusnya minimal SMA dan yang sederajat. Sedangkan usia caleg minimal 21 tahun.

Editor: Anto Sidharta

  • Caleg
  • Lulusan SMP
  • Formappi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!