NASIONAL

PLN Dorong Pemanfaatan Panel Surya

PLN Dorong Pemanfaatan Panel Surya

KBR68H, Surabaya - PT PLN berjanji akan memberikan insentif bagi pemilik gedung yang menggunakan panel surya


Menurut Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji penggunaan panel surya menguntungkan. Selain hemat energi, gedung bisa memproduksi energi listriknya sendiri. Dia berharap pemanfaatan energi matahari dapat memunculkan kesadaran akan pentingnya penggunaan energi terbarukan.


“Kalau siang mereka memproduksi energi untuk PLN. Kalau malam mereka mengkonsumsi energi dari PLN. Jadi tukar-tukaran, atau miminal mengurangi. Kalau siang mengurangi konsumsi listrik dari PLN,” ujarnya.


Penggunaan panel surya, lanjut Nur Pamudji, sudah banyak dilakukan negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika. Selain ramah lingkungan, panel surya juga lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar minyak. 


Dia mengklaim, PLN telah bekerjasama dengan perguruan tinggi, untuk merancang panel surya yang aman dan efektif. Tujuannya agar dapat digunakan masyarakat luas sekaligus memasok energi bagi PLN. 


Editor: Antonius Eko 

  • PLN
  • panel surya
  • listrik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!