covid-19

Ilham Habibie: Bisnis Bukan Hanya Sekadar Menghasilkan Uang, Semangat yang Penting

KBR68H, Jakarta

NASIONAL

Rabu, 16 Okt 2013 15:39 WIB

Author

Doddy Rosadi

Ilham Habibie: Bisnis Bukan Hanya Sekadar Menghasilkan Uang, Semangat yang Penting

ilham habibie, pesawat R80, industri dirgantara, bisnis

KBR68H, Jakarta – Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Ilham Habibie bertekad untuk terus mengembangkan industri dirgantara nasional. Salah satunya dengan mendirikan perusahaan dirgantara PT Regio Aviasi Industri (RAI).

Menurut Ilham, perusahaan yang akan memproduksi pesawat dengan 80 penumpang itu didirikan bukan karena idealismenya melainkan murni karena hitung-hitungan bisnis.

Menurut dia, pesawat R80 yang diproduksi PT RAI tidak kalah dengan pesawat dengan jenis sama yang dikeluakan oleh perusahaan dari negara lain. Ilham mengklaim, pesawat R80 bisa lebih irit 20 persen dibandingkan pesawat tipe yang sama. Putra bekas Presiden BJ Habibie itu yakin pesawat R80 bisa diterima di dalam negeri dan juga luar negeri.

“Kalau soal bisnis, lupakan soal idealisme tapi yang paling penting adalah semangat. Saya lihat semua pebisnis yang sukses punya semangat. Kalau kita bisnis hanya untuk menghasilkan uang, lupakan, kita akan kalah dalam persaingan. Kita harus punya sumber semangat  yang membuat kita mau berkorban bekerja, berprestasi lebih dan itu bisa saja datang dari idealism. Tapi sebetulnya semangat itu yang penting tetapi ini tetap bisnis. Kita bukan demi semangat maka kita membuang jutaan dolar, bukan itu,”kata Ilham Habibie dalam wawancara eksklusif dengan KBR68H, Tempo TV dan PortalKBR.com di ruang kerjanya di Mega Kuningan, Jakarta (Rabu/16/10).

Menurut Ilham, idealisme bisa menjadi sumber dari semangat tetapi bisnis tetap bisnis. Semua harus masuk akal mulai dari segi kelayakan ekonomi dan finansialnya hingga sumber daya manusianya harus rasional. Kata dia, target dari bisnis bukan hanya sekadar mengejar laba tetapi melakukan sesuatu yang kita suka.

Ilham menambahkan, produk pesawat R80 yang tengah diproduksinya ditargetkan selesai pada 2018 nanti. Nantinya, PT Regio Aviasi Industri akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pesawat komersial untuk maskapai dalam negeri. Apabila hal itu sudah terlaksana,baru PT RAI akan ekspansi ke luar negeri khsususnya ke negara yang memerlukan penerbangan dengan jarak dekat.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?