Taktis Manfaatkan Uang Kaget Biar Ga Asal Ludes

Kelola uang kaget secara bertanggung jawab

Jumat, 23 September 2022

KBR, Jakarta - Sempat viral beberapa waktu lalu, ratusan warga Tuban, Jawa Timur mendapat uang kaget miliaran rupiah, hasil ganti rugi pembebasan lahan PT Pertamina. Banyak yang kemudian berbondong-bondong memborong mobil, hingga akhirnya uang kagetnya ludes, padahal aset sudah pindah tangan. Idealnya, pemasukan tak terduga semacam ini, jangan dihabiskan untuk konsumsi.

Menurut Certified Financial Planner, Early Carlia, ada dua ciri uang kaget, yakni, diterima secara tiba-tiba, tanpa usaha (less effort) dan sifatnya tidak pasti (uncertain income). Ada banyak contoh uang kaget.

"Undian berhadiah uang tunai, kalau di luar negeri mungkin ada lotere ya, cuma di sini kan ga ada. Kemudian ada bonus ga terduga di luar bonus tahunan atau mungkin apresiasi dari bos kita. Bisa juga berupa warisan," ujar Early.

Baca juga:

Penting! Literasi Finansial sejak Kanak-Kanak

Alternatif Menabung dengan Arisan, Waspadai Risikonya!

Certified Financial Planner Early Carlia menuturkan uang kaget jangan sampai dihabiskan secara tidak bertanggung jawab. (Dok: Pribadi)

Uang kaget tentunya boleh dialokasikan untuk konsumsi maupun bersenang-senang. Namun, porsinya dibatasi, karena selebihnya mending dimanfaatkan untuk memenuhi tujuan keuangan lain. Misalnya untuk menambah dana darurat, tabungan pendidikan anak maupun investasi.

"Sebaiknya uang kaget ini dialokasikan untuk membayar utang-utang, ga mesti utang konsumtif, atau bisa buat bayar KPR," tutur Early.

Untuk kebutuhan investasi, uang kaget bisa dialokasikan ke beragam instrumen yang disesuaikan dengan profil risiko individu. Contohnya, beli emas, reksadana, obligasi untuk yang profil risikonya konservatif. Adapun yang agresif bisa mencoba ke saham dan peer-to-peer (P2P) lending.

"Investasi kita ga pernah bisa lepas dari risk and type dari masing-masing orang. Jadi financial planning is very personal and unique," ujar dia.

Simak penjelasan lengkap Certified Financial Planner, Early Carlia soal pengelolaan uang kaget di Uang Bicara episode Taktis Manfaatkan Uang Kaget Biar Ga Asal Ludes di KBR Prime, Spotify, Google Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.