NASIONAL

Pidato Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem Ingat Pesan Bung Karno

"Saktinya Pancasila terletak pada bagaimana kita menjadikan nilai-nilai didalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup bangsa Indonesia sehari-hari."

Pancasila

KBR, Jakarta - Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim mengingatkan kembali pesan Presiden pertama Soekarno tentang lahirnya Pancasila.

Nadiem mengatakan, saktinya Pancasila terletak pada bagaimana kita menjadikan nilai-nilai didalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup bangsa Indonesia sehari-hari.

"Kemendikbud-Ristek telah berkomitmen untuk terus menghadirkan transformasi yang selalu sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato lahirnya Pancasila yakni bahwa di atas lima dasar Pancasila kita mendirikan Negara Indonesia kekal dan abadi untuk itu di atas lima dasar Pancasila. Mari kita terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar yang Merdeka Berbudaya membawa Indonesia ke masa depan," ujar Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim saat pidato dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 melalui Youtube Kemendikbud RI (30/9/2022).

Nadiem menambahkan, saktinya Pancasila terletak pada komitmen bersama mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka untuk belajar dan berkarya.

Baca juga:

- Jokowi Ajak Membumikan Pancasila

- BNPT Mendirikan Warung NKRI di Banyuwangi, Apa Itu?

Sebagai bangsa Indonesia, lanjut Nadiem, masyarakat perlu bergotong-royong demi mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman.

"Untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman. Yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi serta bebas dari kekerasan," katanya.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati 1 Oktober 2022.

Editor: Fadli Gaper

  • Pancasila
  • Nadiem Makarim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!