Bagikan:

Menkeu: Realisasi Anggaran Kesehatan Turun 29,4 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan penurunan realisasi anggaran kesehatan, terjadi khususnya pada komponen penanggulangan pandemi Covid-19.

NASIONAL

Senin, 26 Sep 2022 19:20 WIB

anggaran kesehatan

Menteri Keuangan Sri Mulyani paparkan Realisasi Anggaran Kesehatan Per 31 Agustus 2022 di APBN KiTA (26/9/2022). (Foto: Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan realisasi anggaran kesehatan hingga 31 Agustus 2022 turun 29,4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Anggaran kesehatan yang selama dua tahun berturut-turut mendominasi belanja kita, tahun ini sudah mulai mengalami normalisasi. Meskipun belanja untuk pandemi masih cukup menonjol. Kita lihat di sini, belanja kesehatan total mencapai Rp99,2 triliun. Lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai Rp140,5 triliun. Artinya ini drop 29,4 persen," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTA di Jakarta, Senin (26/09/22).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan penurunan realisasi anggaran kesehatan, terjadi khususnya pada komponen penanggulangan pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, perkembangan pandemi sudah lebih rendah gejolaknya dibandingkan tahun lalu, di mana Indonesia perlu berhadapan dengan varian Delta.

"Tahun lalu kita membelanjakan Rp77,3 triliun untuk penangan Covid-19. Termasuk untuk penggantian perawatan pasien, pengadaan vaksin, dan juga untuk insentif tenaga kesehatan. Tahun ini kita membelanjakan Rp35,8 triliun. Jadi turun separuhnya dibandingkan tahun lalu," tegasnya.

Dari total realisasi Rp99,2 triliun per Agustus 2022 sebesar Rp35,8 triliun di antaranya untuk penanganan COVID-19 sedangkan Rp63,3 triliun untuk reguler.

Baca juga:

Anggaran Khusus Pandemi Dihapus di RAPBN 2023, PKS Protes

Agustus 2022, Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Capai 39 Persen

Sri Mulyani merinci realisasi anggaran kesehatan jika dilihat per komponen terdiri atas belanja kementerian/lembaga (K/L) Rp77,62 triliun, non K/L Rp6,55 triliun serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Rp14,99 triliun.

Secara umum, anggaran kesehatan yang masuk dalam belanja K/L Rp77,62 triliun. Ini meliputi perbelanjaan di Kemenkes Rp71 triliun, BPOM Rp1,2 triliun, BKKBN Rp2,1 triliun, Polri Rp1,6 triliun, Kemenhan Rp1,2 triliun dan BNPB Rp0,5 triliun.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Bagaimana Stok dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Nataru?

Kabar Baru Jam 8

Most Popular / Trending