NASIONAL

Luncurkan 5G Mining, Jokowi: Teknologi Baru Pertambangan

"Freeport memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Mimika, Papua."

5G mining
Presiden Jokowi peluncuran Teknologi 5G Mining di Freeport, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (01/8/22). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining ini merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT. Freeport Indonesia. 

Kata Jokowi, peluncuran ini juga menjadi pembuktian bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara dalam rangka mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia.

"Saya sangat gembira mendengar bahwa tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan dari jarak jauh tadi saya sudah melihat secara langsung. Yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia khususnya dari tanah Papua. Dan melalui teknologi 5G underground smart mining ini aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja," kata Jokowi di Kabupaten Mimika Papua, Kamis (1/9/22).

Jokowi   yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global. Selain itu juga menghasilkan makin banyak SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia.


Baca juga:

- Smelter Freeport Gresik Akan Hasilkan 35 Ton Emas per Tahun

- Presiden Jokowi Pesankan Hati-hati Urus Freeport

Jokowi juga menekankan bahwa Indonesia tak boleh tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi. Termasuk sektor pertambangan pun kata dia harus segera mengimplementasikan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), internet of thing, machine learning hingga big data dalam rangka mendukung seluruh operasional di pertambangan.

Kata dia, Indonesia membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan yang umumnya berada di daerah-daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah, seperti halnya di PT. Freeport yang berada di Papua..

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim. Siang hari ini saya resmikan 5G underground mining di PT Freeport Indonesia secara resmi saya luncurkan," pungkas dia, sekaligus meluncurkan Teknologi 5G mining tersebut.

Editor: Rony Sitanggang

  • freeport
  • 5G Mining
  • Presiden Jokowi
  • underground smart mining

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!