NASIONAL

Kemendagri Ingin Birokrasi Pelayanan Contoh Singapura

"Singapura setiap saat melayani rakyatnya dengan maksimal."

birokrasi

KBR, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen mewujudkan reformasi birokrasi kelas dunia di 2024 sesuai cita-cita Presiden Joko Widodo. Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro mengatakan, birokrasi kelas dunia yang bisa menjadi contoh untuk Indonesia yakni Singapura. 

Kata dia, Singapura setiap saat melayani rakyatnya dengan maksimal.

"Bukan hanya  birokrasi melayani, tapi juga birokrasi bersih melayani. Di Singapura hari ini 1.400 lebih layanan publik dapat dilayani oleh negaranya setiap saat, 24 jam sehari. Sabtu dan Minggu juga bisa dilayani dan bisa melayani. Bahkan tanggal 29 Februari di tahun kabisat, tidak ada kantor tutup. Semua bisa dilayani oleh pemerintah Singapura," ujar Suhajar dalam Acara Rakornas Percepatan Reformasi Birokasi, Rabu (28/9/2022).

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro mengatakan, pelayanan publik di Singapura jauh berbeda dengan di tanah air. Ia membandingkan layanan publik di dalam negeri yang belum semua bisa 24 jam sehari seperti Singapura.

Baca juga:

Suhajar mendorong perbaikan tata laksana birokrasi di pusat maupun daerah.

Selain itu, penguatan sumber daya manusia hingga organisasi juga perlu ditingkatkan.

 

Editor: Rony Sitanggang

  • Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro
  • Birokrasi melayani
  • Reformasi Birokasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!