Bagikan:

FOMO Sapiens : Usulan Wagub Jabar Cegah HIV/AIDS dan Dampak Penaikan Harga BBM Subsidi

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhaul Ulum mengatakan menikah muda dan poligami bisa mencegah HIV/AIDS dan rencana penaikan harga BBM subsidi juga jadi obrolan netizen.

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 02 Sep 2022 18:19 WIB

FOMO Sapiens : Usulan Wagub Jabar Cegah HIV/AIDS dan Dampak Penaikan Harga BBM Subsidi

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhaul Ulum mengatakan menikah muda dan poligami bisa jadi solusi untuk mencegah HIV/AIDS yang meningkat di Jabar lantaran akan menjauhkan diri dari perbuatan zina.

Rencana penaikan harga BBM subsidi juga jadi obrolan netizen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah masih menghitung besaran harga kenaikan. Hal ini berdampak pada panic buying dan antrian di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di berbagai daerah di Indonesia pasca rencana tersebut diketahui publik.

1. Usulan Wagub Jabar Cegah HIV/AIDS

Pekan ini publik diramaikan dengan tingginya kasus HIV di Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam 30 tahun terakhir (1991-2021), Dinas Kesehatan Kota Bandung merekam sebanyak 5.900-an kasus positif HIV ditemukan di Bandung. Dari total general itu, 11,8 persen pasien adalah ibu rumah tangga yang ditulari suami mereka. Lalu 44,48 persen adalah anak muda usia 20-29 tahun. Salah satu penyebabnya, suami yang gemar melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan pekerja seks komersial. Namun, solusi Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum justru makin menuai kontroversi. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Poligami dan Pernikahan Dini Bukan Cara Mencegah Penularan HIV

2. Dampak Penaikan Harga BBM Subsidi

Pekan ini rencana kenaikan harga BBM subsidi disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, subsidi APBN untuk BBM sudah terlalu membebani keuangan negara. Sementara harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex malah turun per 1 September 2022.

Baca juga : Kenaikan BBM Berdampak Pada UMKM, Ini Kata Menparekraf

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait eks narapidana kasus korupsi diperbolehkan nyaleg.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending