Bagikan:

FOMO Sapiens : Dugaan Kebocoran Data SIM Card dan Tingkah Pejabat Negara

Sebanyak 1,3 miliar data registrasi SIM Card masyarakat Indonesia diduga bocor dan dijual di forum hacker.

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 09 Sep 2022 15:17 WIB

FOMO Sapiens : Dugaan Kebocoran Data SIM Card dan Tingkah Pejabat Negara

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta –Sebanyak 1,3 miliar data registrasi SIM Card masyarakat Indonesia diduga bocor dan dijual di forum hacker. Saling respon antara pemerintah dengan sang hacker menuai perbincangan seputar keamanan data pribadi masyarakat Indonesia.

Seluruh anggota DPR menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' karangan Jamrud dan bertepuk tangan. Dari kursi pimpinan, Ketua DPR Puan Maharani ikut berdiri dan terlihat semringah sembari bertepuk tangan. Lalu, soal dugaan penggelembungan dana hibah APBD Kota Depok tahun 2020 yang melibatkan pejabat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). FOMO Sapiens mengulas lakon minim empati para pejabat negara.

1. Dugaan Kebocoran Data SIM Card

Isu kebocoran data kembali menjadi perbincangan hangat warganet pekan ini. Terbaru, perkara kebocoran 1,3 miliar data registrasi SIM prabayar berbagai operator seluler Indonesia. Hal ini direspon Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan meminta sang hacker untuk berhenti menyerang Indonesia, sebab perbuatannya itu merugikan masyarakat. Kominfo juga mengingatkan masyarakat untuk rajin mengganti password di platform digital masing-masing. Apakah ini menyelesaikan masalah?

Baca juga : Data 1,3 Miliar SIM Card Bocor, Ini Kata Kominfo

2. Tingkah Pejabat Negara

Kejutan ulang tahun untuk Ketua DPR RI, Puan Maharani di tengah rapat paripurna pada Selasa (06/09) menuai kritikan. Di saat yang bersamaan, sejumlah ribuan buruh dan mahasiswa melakukan aksi demo tolak kenaikan BBM tepat di luar gedung DPR. Hal ini dinilai sejumlah pihak menunjukkan minimnya empati pejabat negara. Soal lain, perkara Pegawai Bawaslu APBD Kota Depok senilai Rp1,1 Miliar untuk kepentingan pribadi. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Harga BBM Naik, Apa Upaya Pemerintah Melindungi Pekerja?

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait perundungan di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]rprime.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending