Bagikan:

Cek Fakta: Serial The Simpsons Diklaim Memprediksi Kematian Ratu Elizabeth II Pada Tahun 2022?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 15 - 21 September 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid.

NASIONAL

Selasa, 27 Sep 2022 18:34 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Serial The Simpsons Diklaim Memprediksi Kematian Ratu Elizabeth II Pada Tahun 2022?

Sebuah akun Youtube mengunggah potongan gambar yang mengklaim bahwa serial kartun The Simpsons sudah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II pada tahun 2022. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 15 - 21 September 2022 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dengan Narasi soal Ratu Elizabeth Melemparkan Makanan ke Anak-Anak di Afrika

Sebuah akun twitter mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang perempuan tengah melemparkan sesuatu ke arah sekumpulan anak laki-laki. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan Ratu Elizabeth yang tengah melemparkan makanan ke anak-anak di Afrika.

Serial The Simpsons Diklaim Memprediksi Kematian Ratu Elizabeth II pada Tahun 2022

Sebuah akun Youtube mengunggah potongan gambar yang mengklaim bahwa serial kartun The Simpsons sudah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II pada tahun 2022. Potongan gambar tersebut memperlihatkan sosok Ratu Elizabeth II dalam wujud kartun gaya Simpsons terbaring di peti jenazah dengan penanda "Elizabeth II 1926-2022" di sampingnya.

Tangkapan Layar Penampakan Misterius disebut Yakjuj Makjuj Sembunyi di Balik Bebatuan Padang Pasir Tandus Arab

Sebuah akun facebook memposting sebuah gambar seperti tangkapan layar artikel milik pikiran-rakyat.com. Artikel tersebut berjudul "Beredar Video Penampakan Misterius Disebut Yakjuj Makjuj, Sembunyi di Balik Bebatuan Padang Pasir Tandus Arab". Gambar tersebut seolah memperlihatkan wajah Jokowi dibalik tembok bebatuan.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: Video dengan Narasi soal Cacing akibat Makan Sosis, Nugget dan Daging Diawetkan?

Cek Fakta: Meletakkan Bawang Putih di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala dan Telinga?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP