Bagikan:

Cek Fakta: Meletakkan Bawang Putih di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala dan Telinga?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 27 Agustus - 2 September 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Selasa, 06 Sep 2022 17:27 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Meletakkan Bawang Putih di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala dan Telinga?

Sebuah akun facebook memposting sebuah informasi mengenai cara mengatasi sakit kepala dan sakit telinga menggunakan bawang putih. Dalam postingan tersebut menyebutkan teknik pengobatan sakit telinga menggunakan bawang putih ini adalah dengan mengambil bawang putih yang telah dikupas lalu diletakkan dengan hati-hati di bagian pembukaan telinga. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 27 Agustus - 2 September 2022 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Narasi soal Ruben Onsu Mualaf

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook yang menginformasikan bahwa Ruben Onsu meninggal dunia. Narasi tersebut juga mencantumkan tautan dari baca--dulu.blogspot.com yang berjudul “Alhamdulillah Penyakit Santet Sembuh Usai Baca Alquran, Ruben Onsu Putuskan 'Masuk Islam'. Cek Faktanya"

Narasi Soal Meletakkan Bawang Putih di Telinga Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala Dan Sakit Telinga

Sebuah akun facebook memposting sebuah informasi mengenai cara mengatasi sakit kepala dan sakit telinga menggunakan bawang putih. Dalam postingan tersebut menyebutkan teknik pengobatan sakit telinga menggunakan bawang putih ini adalah dengan mengambil bawang putih yang telah dikupas lalu diletakkan dengan hati-hati di bagian pembukaan telinga.

Tangkapan Layar dan Narasi Ustadz Abdul Somad: Hukum Mencintai Pasangan Orang Lain Ternyata Tidak Dosa, Itulah Nilai Jihad

Sebuah akun twitter mengunggah tangkapan layar dari berita Portal Jember yang mengklaim bahwa Ustadz Abdul Somad, melalui ceramahnya, mengatakan bahwa mencintai pasangan orang lain tidak dosa dan justru merupakan jihad. Cuitan yang diunggah pada 15 Agustus tersebut telah disukai 460 kali, serta telah dibagikan dan dikutip ulang oleh lebih dari 100 orang.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta: Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa Dengan Cara Melihat Bentuk Kepalanya

Cek Fakta : Foto dengan Narasi soal Pasangan Memumifikasi Janinnya?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP