Bagikan:

Cek Fakta : Foto Kevin Sanjaya Calon Pemimpin dari Partai Perindo?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 3 - 9 September 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Selasa, 13 Sep 2022 17:31 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta : Foto Kevin Sanjaya Calon Pemimpin dari Partai Perindo?

Beredar sebuah postingan di Facebook Badminton Wonder Fans- New Bwf yang memperlihatkan foto Kevin Sanjaya serta terdapat logo Partai Perindo dan narasi "YANG MUDA, YANG BERPRESTASI", "Kevin Sanjaya", "Atlet Badminton No. 1 Dunia", "CALON PEMIMPIN MASA DEPAN" serta angka 1. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 3 - 9 September 2022 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Foto Kevin Sanjaya berlogo Partai Perindo dan Narasi soal Calon Pemimpin

Beredar sebuah postingan di Facebook Badminton Wonder Fans- New Bwf yang memperlihatkan foto Kevin Sanjaya serta terdapat logo Partai Perindo dan narasi "YANG MUDA, YANG BERPRESTASI", "Kevin Sanjaya", "Atlet Badminton No. 1 Dunia", "CALON PEMIMPIN MASA DEPAN" serta angka 1.

Tangkapan Layar Artikel "Bandar Narkoba: Saya Sudah Setor Rp 450 M ke BNN Rp 90 M ke Pejabat Polisi tapi Masih Ditangkap" dengan Narasi soal Sambo

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan berupa hasil tangkapan layar salah satu artikel dengan judul "Pengakuan Bandar Narkoba: Saya Sudah "Setor" Rp450M, ke BNN Rp90M ke Pejabat Polisi, Tapi Masih Ditangkap". Hasil tangkapan layar ini kemudian dikaitkan dengan penangkapan Sambo oleh pihak berwajib.

Gambar Klaim bahwa Jokowi Sedang Wisuda 

Sebuah akun Facebook memposting sebuah gambar yang diklaim merupakan gambar Jokowi saat wisuda. Postingan tersebut dibuat pada 20 Agustus 2022 lalu.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta : Video dengan Narasi soal Ledakan di Kantor Kominfo

Cek Fakta: Meletakkan Bawang Putih di Telinga Sembuhkan Sakit Kepala dan Telinga?

Cek Fakta: Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa Dengan Cara Melihat Bentuk Kepalanya

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Living Law, Apa Dampaknya Jika Masuk dalam RKUHP?

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending