Bagikan:

BMKG Ingatkan Besok Terjadi Cuaca Ekstrem

Prakirawan BMKG Marlina Nababan menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem itu dipengaruhi sirkulasi siklonik yang terpantau berada di Selat Makassar.

NASIONAL

Jumat, 02 Sep 2022 18:43 WIB

cuaca ekstrem

Ilustrasi angin kecang disertai hujan deras. (Foto: antaranews/aprionis)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, 28 wilayah di Indonesia berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada Sabtu (3/9/2022). Dari jumlah itu, 19 wilayah diantaranya berpotensi hujan lebat, kilat dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Marlina Nababan menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem itu dipengaruhi sirkulasi siklonik yang terpantau berada di Selat Makassar.

"Yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah, daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Papua hingga Papua Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata Marlina, Jumat (2/9/2022).

Baca juga:

- BNPB Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi Basah dan Kering

- Antisipasi Bencana Hidrometeorologi Akibat La Nina dari Pelbagai Sektor

Marlina menambahkan, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, seluruh Kalimantan, seluruh Sulawesi, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, Riau, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat dan Timur.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Polri Meningkatkan Kembali Kepercayaan Publik

Most Popular / Trending