Bagikan:

BLT BBM, Jokowi: Hitung-Hitungan Harga Diserahkan Hari Ini

"Hari ini akan disampaikan kepada saya hitung-hitungan dan kalkulasinya,"

NASIONAL

Jumat, 02 Sep 2022 10:45 WIB

bantuan sosial

BLT BBM, Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9).(Setpres)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo meninjau penyerahan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Jumlah BLT yang diberikan adalah 600 ribu rupiah, dibayarkan sebanyak dua kali. 

Jokowi juga menyampaikan soal hitung-hitungan yang tengah dilakukan pemerintah terkait rencana kenaikan harga BBM.

"Untuk BBMnya semuanya masih dikalkulasi. Dan hari ini akan disampaikan kepada saya hitung-hitungan dan kalkulasinya," kata dia saat kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9/22).

Presiden Joko Widodo hari ini dijadwalkan menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Pasar Olilit, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Bantuan sosial yang diberikan berupa Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selain itu, Presiden juga  menyerahkan BLT BBM kepada masyarakat di Kantor Pos Saumlaki. Jokowi berharap agar BLT BBM bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Kepulauan Tanimbar, Maluku kemarin petang. Sebelumnya Jokowi melakukan kunjungan kerja di Jayapura dan Mimika, Papua.

Baca juga:

- Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Jombang Disergap Polisi

- Kenaikan BBM, Luhut: Kita Hitung Dengan Cermat

Sebelumya sinyal kenaikan harga BBM semakin berembus kencang usai pemerintah memberikan bantalan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM, dengan total sebesar Rp. 24,17 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bantalan sosial ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat hingga mengurangi kemiskinan akibat kenaikan harga BBM.

Sri mulyani mengatakan bahwa ada tiga  jenis bantalan sosial yang bakal diberikan. Yakni BLT untuk 20,65 juta keluarga penerima manfaat sebesar Rp150.000 untuk empat bulan, dibayarkan dua  kali Rp.300.000. Total anggaran BLT tersebut adalah 12,4 triliun. 

Kemudian bantuan subsidi upah kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum 3,5 juta per bulan sebanyak Rp600.000 dibayarkan sekali dengan anggaran 9,6 triliun. Selain itu yang ketiga, pemerintah daerah dengan menggunakan 2 persen dari dana transfer umum yaitu dan DAU dan DBH sebanyak 2,7 triliun di dalam rangka membantu sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek dan juga bahkan nelayan dan tambahan perlindungan sosial.

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Menyongsong Terbitnya Rupiah Digital

Episode 4: Relasi Kuasa: Akar Kekerasan & Pengaturannya Dalam UU TPKS

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Mendorong Vaksinasi Booster untuk Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 di Akhir Tahun

Most Popular / Trending