covid-19

Wapres: Pemerintah Tetapkan Pelaksanaan PTM Kampus

"Terutama di wilayah PPKM Level 1-3, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjadikan vaksinasi sebagai salah satu prasyarat pemberlakuan PTM terbatas"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 14 Sep 2021 12:00 WIB

Author

Heru Haetami

Wapres: Pemerintah Tetapkan Pelaksanaan PTM Kampus

Wapres Maruf Amin saat acara Webinar Sharia, Senin (13/9). (Setwapres)

KBR, Jakarta-   Pemerintah menyebut telah menetapkan untuk dimulainya penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di tingkat perguruan tinggi. Hal itu disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat   acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Universitas Merdeka Malang, secara daring, Selasa (14/9/2021).

Kendati demikian, Ma'ruf tidak menyebutkan secara rinci kapan PTM di perkuliahan itu resmi boleh dilaksanakan. Kata dia, PTM terbatas tingkat perguruan tinggi ini hanya untuk wilayah PPKM bersatus level 1-3.

"Terutama di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjadikan vaksinasi sebagai salah satu prasyarat pemberlakuan PTM terbatas," kata Ma'ruf dalam acara  daring, Selasa (14/9/2021).

Wapres mengingatkan agar semua pihak terus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, meskipun kasus Covid-19 menurun.

Baca juga: Persiapan PTM, Kemenag Cilacap Vaksinasi Ribuan Pelajar Madrasah

Ma'ruf juga berharap seluruh civitas akademika di perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam menyukseskan program vaksinasi sehingga tercipta kekebalan kelompok bagi seluruh masyarakat, khususnya untuk para dosen dan seluruh mahasiswa.

"Saya meminta kepada semua yang hadir, untuk terus berjuang bersama, bahu membahu mempercepat penanganan Covid-19 dan mendukung pemulihan perekonomian nasional yang terdampak pandemi, guna melanjutkan pembangunan Indonesia yang lebih baik," katanya

Syarat PTM Terbatas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas hanya dapat dilakukan, jika seluruh syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi.  Di antaranya, seluruh siswa dan tenaga pendidik sudah divaksin Covid-19 dan wilayah sekolah tersebut sudah berada minimal pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hingga level 1.

"Kalau sudah divaksin sekali lagi segerakan untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, segerakan. Yang paling penting sudah berada di level 3 atau 2, kalau di masih level 4 memang agak direm, jangan pembelajaran tatap muka terlebih dahulu," ujar  Presiden Jokowi saat meninjau kegiatan vaksinasi bagi pelajar SMA sederajat se-Kabupaten Sukoharjo yang digelar di SMA Negeri 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jateng,  Senin (13/9/2021).

Dalam tinjauannya tersebut, Kepala Negara juga mengingatkan pentingnya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar untuk segera diselesaikan. Jokowi berharap vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar dapat memberikan perlindungan dan keamanan dari penyebaran Covid-19, sehingga kegiatan PTM terbatas bisa berjalan lancar. 

 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10