covid-19

Menilik Peluang Indonesia Jadi Negara Ekonomi Syariah Terbesar di Dunia

"Kita harapkan ekonomi dan keuangan syariah akan mampu membangkitkan ekonomi rakyat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional,"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 22 Sep 2021 15:13 WIB

Author

Heru Haetami

Menilik Peluang Indonesia Jadi Negara Ekonomi Syariah Terbesar di Dunia

wapres maruf amin saat Indonesia Sharia Summit 2021, Rabu (22/9/2021). (Foto: YouTube Setwapres)

KBR, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, Indonesia berpeluang menjadi negara terbesar di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Menurut Ma'ruf, Indonesia memiliki potensi yang besar baik dari sumber daya maupun produk ekonomi syariah.

"Dengan potensi yang kita miliki dan usaha serta kolaborasi antara semua pemangku kepentingan kita harapkan ekonomi dan keuangan syariah akan mampu membangkitkan ekonomi rakyat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional," kata Ma'ruf dalam acara Indonesia Sharia Summit 2021, Rabu (22/9/2021).

Ma'ruf menjelaskan, dari sisi penawaran, Indonesia memiliki sumber daya untuk pengembangan ekonomi syariah.

"Sementara dari sisi permintaan, Indonesia diklaim sebagai pasar potensial bagi ekonomi syariah baik di sektor keuangan, produk dan makanan halal, fesyen muslim, dana sosial Islam, usaha atau bisnis Syariah," ungkapnya.

Ma'ruf melanjutkan, berdasarkan laporan Islamic Finance Development Indicators (IFDI) 2020, Indonesia ada di peringkat 5 dari 135 negara, berdasarkan dari nilai aset yaitu sebesar US$3 miliar.

Baca: Industri Halal Indonesia Peringkat 5 dari 73 Negara

Dari indikator itu, lanjut orang nomor dua di Indonesia ini, Arab Saudi menduduki peringkat pertama dengan nilai aset sebesar US$17 miliar, Iran di peringkat kedua dengan nilai aset sebesar US$14 miliar, Malaysia di peringkat ketiga dengan nilai aset sebesar US$10 miliar, dan Uni Emirat Arab di peringkat keempat dengan nilai aset sebesar US$3 miliar.

"Mengingat besarnya potensi Indonesia, saya yakin bahwa posisi Indonesia sekarang ini masih sangat mungkin untuk meningkat lagi bahkan menjadi pemain utama industri keuangan syariah dunia," pungkas Ma'ruf Amin.

Berita terkait:


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung