covid-19

FOMO Sapiens : 'Cancel Culture' dan Dirombaknya RUU PKS

cancel culture dan dirombaknya RUU PKS

BERITA | NASIONAL

Jumat, 10 Sep 2021 15:09 WIB

FOMO Sapiens : 'Cancel Culture' dan Dirombaknya RUU PKS

Ilustrasi highlight berita pekan ini. (FOTO : KBR)

KBR (Jakarta) - Penyambutan media terhadap bebasnya eks narapidana kasus pelecehan seksual, SJ yang dulunya  public figure merupakan bentuk pemakluman atas kejahatannya, insensitif, dan meremehkan trauma para korban. Obrolan lain FOMO Sapiens kali ini adalah perombakan dan penghapusan puluhan pasal dalam draf Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Hal ini menimbulkan kritik dari banyak pihak, terutama para aktivis yang sejak awal memperjuangkannya.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

Cancel Culture Pelaku Pelecehan Seksual

Pelaku pelecehan seksual seharusnya tidak lagi muncul di tayangan publik. Bekas public figure, SJ, yang ramai disambut setelah menjalani masa hukumannya membuat banyak pihak melakukan perlawanan. Mulai dari penindakan terhadap jaringan stasiun TV yang mengundannya sampai petisi yang telah ditandatangani ratusan ribu orang. Hal ini dikenal sebagai cancel culture. Namun, seperti apa batasannya? Bagaimana dengan pelaku kejahatan lainnya?

Baca juga : Terduga Pelaku Pelecehan Seksual di KPI Ancam Laporkan Korban, Pakar Hukum: Konyol!

RUU PKS : Lamanya Proses Pengesahan, Berganti Nama, dan Hilangnya Pasal

Baleg DPR RI mempublikasikan draf terbaru RUU PKS beberapa hari lalu. Draf tersebut menimbulkan tanda tanya dan protes dari berbagai pihak, karena dinilai melenceng dari tujuan awal. Penggantian nama, penghapusan 5 jenis kekerasan seksual sampai hilangnya 85 pasal dari draf sebelumnya. Itu dinilai menjadi kemunduran bagi pembahasan RUU PKS. Apa penyebab penggantian nama tersebut dan bagaimana dampaknya? Apa saja jenis kekerasan yang dihapuskan dari draf RUU PKS sebelumnya?

Baca juga : Diminta Jangan Asal Jadi, RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Selain dua kabar di atas, FOMO Sapiens pekan ini juga membahas mengenai kebakaran Lapas Tangerang dan over kapasitas lapas. Juga Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang diperingati tiap 10 September.

Simak obrolannya di FOMO Sapiens pekan ini bareng Ian Hugen dan Aika Renata!

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8