covid-19

FOMOSapiens : Perpres Bonus Wamen dan Pejabat Somasi Aktivis HAM

Perpres bonus Wamen dan pejabat somasi aktivis HAM

BERITA | NASIONAL

Jumat, 03 Sep 2021 16:01 WIB

FOMOSapiens : Perpres Bonus Wamen dan Pejabat Somasi Aktivis HAM

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR (Jakarta) - Ditekennya Perpres Nomor 77 Tahun 2021 tentang Penetapan Uang Penghargaan untuk Wakil Menteri yang berakhir masa jabatannya menuai kritikan warganet, karena dianggap tidak sensitif dengan kondisi masyarakat di kala pandemi.

Kabar lain yang dibahas FOMO Sapiens pekan ini adalah soal pejabat-pejabat publik yang memberikan somasi kepada para aktivis HAM dan antikorupsi. Padahal, mereka menjalankan fungsinya sebagai pengawas pemerintah.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

Uang Bonus untuk Wakil Menteri dari Presiden

Peraturan Presiden yang menetapkan uang penghargaan bagi para Wakil Menteri selepas masa jabatannya menuai banyak kritik. Tidak hanya Wakil Menteri yang sekarang masih aktif, Wakil Menteri yang telah purna pun turut mendapatkan uang penghargaan tersebut. Masyarakat menilai kebijakan tersebut kurang sensitif terhadap keadaan masyarakat saat pandemi, lantaran masih banyak masyarakat yang kekurangan bantuan. Banyak warganet yang berkomentar bahwa uang tersebut lebih baik dialokasikan untuk hal lain. Memang berapa sih jumlah uang penghargaan yang bakal diterima para Wakil Menteri?

Baca juga : 4 Prajurit Tewas di Maybrat, Ini Perintah Pangdam Kasuari

Pejabat Somasi Aktivis HAM

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves),  Luhut Pandjaitan memberikan somasi kepada 2 aktivis HAM dari KontraS dan Lokataru yaitu Fatia Maulidianti dan Haris Azhar. Alasannya, kedua aktivis itu dianggap memfitnah dirinya. Somasi dilayangkan setelah keduanya membicarakan Luhut di  kanal YouTube Haris Azhar, dengan dalih pencemaran nama baik. Selain itu, aktivis ICW juga disomasi oleh Kepala Staf Presiden, Moeldoko, setelah berbicara mengenai temuan rente Obat Ivermectin dan ekspor beras.

Baca juga : Cegah Kebocoran Data Pengguna, Pakar Informasi Sarankan Ini

Selain dua kabar di atas, FOMO Sapiens pekan ini juga membahas mengenai kasus data eHAC yang bocor dan tersebar, juga mengenai warganet Indonesia yang diduga suka menonton konten penyiksaan hewan.

Simak obrolannya di FOMO Sapiens pekan ini bareng Ian Hugen dan Aika Renata!

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8