Sokong Perekonomian, Jokowi Minta Percepatan Transformasi Ekonomi Desa

"Pandemi menghantam bukan hanya seluruh lapisan masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga,”

BERITA | NASIONAL

Kamis, 24 Sep 2020 11:50 WIB

Author

Dwi Reinjani

Sokong Perekonomian, Jokowi Minta Percepatan Transformasi Ekonomi Desa

Ilustrasi: Petani buah naga di lahan gambut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalteng, Rabu (23/09). (Antara/Makna Zaezar)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo, meminta jajarannya untuk segera melakukan transformasi ekonomi di pedesaan. Hal itu dilakukan karena selama pandemi terjadi perpindahan masyarakat dari kota ke desa.

Kata dia, perekonomian pedesaanlah yang mampu menjadi penyokong perbaikan ekonomi saat perkotaan mati suri.

“Sebelumnya saya ingin menegaskan lagi bahwa pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa. kita tahu bahwa Pandemi menghantam bukan hanya seluruh lapisan masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas, Kamis (24/09/2020).

Upaya-upaya reformasi perekonomian desa meliputi, percepatan pemberian bantuan sosial berupa PHK, BLT Desa dan lainnya. Kedua mengintegrasikan program penanggulangan kemiskinan di desa-desa. Jokowi meminta semua kementerian tidak membuat program masing-masing yang tidak berdampak signifikan.

“Saya minta ke semua Kementerian Jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas, tidak terintegrasi tidak terpadu sehingga outcomenya, hasilnya tidak terlihat. Ini harus terintegrasi betul. Misalnya Kementerian Desa memastikan Dana Desa digunakan produktif, kementerian PUPR penyediaan infrastruktur dasarnya, Kementerian Perhubungan konektivitasnya, Kementerian Sosial mengenai penanganan warga yang kurang mampu, saya kira Kementerian UMKM sektor usaha usaha kecil dan usaha mikro, banyak sekali yang bisa dilakukan.” Ujar Jokowi.

Selain itu Jokowi juga meminta agar potensi-potensi yang ada di setiap desa bisa terus ditingkatkan. Seperti potensi perikanan, pertanian peternakan hingga wisata. Dengan mengembangkan potensi desa menurut Jokowi, akan membuat usaha-usaha di desa lebih mandiri dan naik kelas.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi