Lumbung Pangan, Jokowi Perintahkan Menteri ATR Selesaikan Masalah Kepemilikan Lahan

"Sudah ada sejumlah progres di lapangan meskipun masih terdapat beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan yaitu yang berkaitan dengan kepemilikan lahan"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 23 Sep 2020 11:46 WIB

Author

Resky Novianto

Lumbung Pangan, Jokowi Perintahkan Menteri ATR Selesaikan Masalah Kepemilikan Lahan

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto meninjau kesiapan lahan 'food estate' di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Kamis (9/7/2020). ANTARA/ Makna Z

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk menyelesaikan permasalahan kepemilikan lahan di area lumbung pangan atau food estate. Jokowi mengatakan, pemerintah telah menyiapkan dua lokasi di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

Kata dia, Kalimantan Tengah berada Kabupaten Kapuas dan kabupaten Pulau Pisau, sementara di Sumatera Utara berada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Sudah ada sejumlah progres di lapangan meskipun masih terdapat beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan yaitu yang berkaitan dengan kepemilikan lahan di area food estate.  ni menimbulkan sedikit masalah, tetapi saya yakin dan saya minta Menteri ATR BPN ini bisa segera menuntaskan ini karena ini menyangkut sebuah area yang sangat luas," ujar Jokowi saat menyampaikan pengantar ratas melalui konferensi video, Rabu (23/9/2020).

Jokowi mengatakan, perumusan rencana induk pelaksanaan lumbung pangan harus dilihat dari belbagai aspek dan harus segera diselesaikan rancangan induknya. Jokowi juga menginstruksikan agar infrastruktur pendukung akses jalan segera dikerjakan.Tujuannya agar berbagai alat mesin pertanian modern yang besar, tidak mengalami kesulitan bila masuk ke lapangan.

Jokowi menambahkan, pengembangan lumbung pangan Ini harus dikalkulasi secara matang, mengenai sistem pengolahannya serta jenis tanaman yang akan dikembangkan. Selain itu, teknologi yang akan digunakan juga perlu diperhatikan, agar mendapat hasil yang terbaik.

Sebelumnya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan,  akan mulai menggarap lahan intensifikasi atau yang sudah memiliki saluran irigasi untuk lahan 28.315 hektare, yang akan ditanami tahun ini. Sementara, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan mulai menanam singkong di atas lahan 60.000 hektare.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi