BERITA

Bertemu Senator Ceko, Jokowi Minta Dukungan Diplomasi Sawit di Eropa

Bertemu Senator Ceko, Jokowi Minta Dukungan Diplomasi Sawit di Eropa

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta dukungan senator Republik Ceko untuk melawan diskriminasi kelapa sawit di Eropa. Ini terkait resolusi parlemen Uni Eropa yang melarang produk kelapa sawit Indonesia beredar di Eropa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Keuangan AM Fachir usai pertemuan antara Jokowi dan senator Ceko. Kata Fachir, Jokowi menjelaskan kepada senator Ceko, bahwa larangan ekspor kelapa sawit ke Eropa bisa menyebabkan 17 ribu petani kehilangan pekerjaan.

"Pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia, dan secara khusus kemudian disampaikan ini menyangkut 17 juta petani Indonesia yang terkait di dalam produk kelapa sawit ini," kata Fachir di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (17/9/2018).

Ia menambahkan, Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan Ceko. Sehingga, pemerintah meyakini negara itu tak akan keberatan membantu Indonesia melawan diskriminasi kelapa sawit di Eropa.

Menurut Fachir, Ketua Senator Ceko Milan Stech telah berjanji kepada Jokowi untuk selalu mendukung agar Indonesia tetap menjual minyak kelapa sawit ke Eropa. Namun, Fachir tak merinci kebijakan atau bentuk diplomasi apa yang bakal ditempuh senator tersebut guna membantu Indonesia di Eropa.

Selain soal kelapa sawit, Fachir berkata, Jokowi dan senator Ceko juga sepakat mempercepat Perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Indonesia-EU Comprehensive Economis Partnership Agreement/CEPA). Menurutnya, pembicaraan juga menyinggung rencana kerja sama energi antara kedua negara. Ini karena senator Ceko juga membawa perwakilan pengusaha dari negara tersebut.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/05-2017/larangan__sawit_di_eropa__jokowi_minta_bantuan_lithuania/90210.html">Larangan Sawit di Eropa, Jokowi Minta Bantuan Lithuania</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/11-2017/indonesia___malaysia_sepakati_lawan_kampanye_hitam_sawit/93606.html">Indonesia-Malaysia Sepakat Lawan Kampanye Hitam Sawit</a>&nbsp;</b><br>
    



Editor: Nurika Manan

  • kelapa sawit
  • sawit
  • Kunjungan ke Ceko
  • Presiden Jokowi
  • Senat Ceko

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!