BERITA

BKSDA Evakuasi Bayi Orang Utan di Kompi Brimob Aceh Timur

"”Kata pemiliknya Pak Anton yang merupakan Komandan Kompi Brimob di sana, bayi orang utan ini diperoleh ketika menggelar razia.""

Erwin Jalaludin

BKSDA Evakuasi Bayi Orang Utan di Kompi Brimob Aceh Timur
Satu bayi orang utan (pongo abelii) dievakuasi dari Kompi Brigade Mobil Aramiah, Kecamatan Birem Bayeum, Kabupaten Aceh Timur, Senin (18/9). (Foto : BKSDA Aceh )

KBR, Aceh Timur– Satu bayi orang utan (pongo abelii) diambil dari Kompi Brigade Mobil Aramiah, Kecamatan Birem Bayeum, Kabupaten Aceh Timur, Senin (18/9). Hewan langka ini sudah 3 bulan lamanya dipelihara di markas Brimob tersebut.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, bayi satwa liar itu langsung dievakuasi untuk penanganan lebih lanjut melalui Orangutan Informasi Center (OIC) di Karantina Batu Mbelin, Sibolangit, Sumatera Utara.

kata dia, hasil evaluasi orang utan berjenis kelamin betina itu dinyatakan dalam kondisi sehat.

”Kita mengapresiasi orang-orang yang menyerahkan dan kalau ada yang memilihara hewan-hewan dilindungi untuk diserahkan ke Kita karena itu pelanggaran undang-undang. Jadi, ini bisa jadi contoh. Orang utan sumatera biasanya Kita rehab dulu di sana, nanti kalau sudah siap Kita lepaskan di Cagar Alam Jantho,” kata Sapto Aji menjawab KBR, Senin (18/9).

red

Ia menambahkan, sejumlah dokter dan ahli hewan dilibatkan dalam proses rehabilitasi satwa liar tersebut.

”Kata pemiliknya Pak Anton yang merupakan Komandan Kompi (Danki) Brimob di sana, bayi orang utan ini diperoleh ketika menggelar razia. Pada saat itu ada dua pemuda menggunakan sepeda motor   membuang karung beras di jalan raya yang Kami duga adalah narkoba, tapi pas dibuka ternyata si mungil langka itu,” tutur Sapto menirukan Anton.

Ia melanjutkan, selama dipelihara 3 bulan di Kompi Brimob menjadi tontonan anak-anak di Komplek Perumahan Kompi setempat. Selanjutnya, dilaporkan ke pihak BKSDA untuk dievakuasi ke tempat yang aman.

Editor: Rony Sitanggang

  • orangutan
  • Kompi Brigade Mobil Aramiah
  • Kecamatan Birem Bayeum
  • Kabupaten Aceh Timur
  • Sapto Aji Prabowo
  • orang utan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!