BERITA

Menteri Luhut Siap Teken Aturan Blok Mahakam

Menteri Luhut Siap Teken Aturan Blok Mahakam



KBR, Jakarta- Pelaksana tugas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Panjaitan memastikan payung hukum bagi proyek Blok Mahakam sudah siap. Dalam 1-2 hari ke depan, ia siap meneken peraturan yang menaungi pengeboran 19 sumur dengan nilai investasi mencapai US$ 15 miliar tersebut.

"Mahakam ada 19 sumur. Kita temukan sudah sepakat di harga US$ 1,5 miliar. Tinggal hanya masalah payung hukumnya. Saya sudah minta Kepala SKK Migas siapkan katanya sudah siap. Dalam 1-2 hari akan tandatangan," kata dia saat rapat dengan Komisi Energi DPR, Kamis (1/9).


Dia yakin Pertamina mampu menyediakan uang US$ 1,5 miliar tersebut. Data yang dia miliki, saat ini Pertamina masih memegang kas sebesar US$ 5,4 miliar. Penanaman investasi ini lebih cepat dari jadwal. Sebelumnya, pemerintah dan Total E&P Indonesie(TEPI) sepakat pengalihan investasi dilakukan awal Januari 2018.


Dengan kesepakatan ini, pemerintah berencana akan memulai pengeboran pasca kuartal II 2017. PT Pertamina saat ini sedang menyiapkan uang untuk investasi ke 19 sumur tersebut. Target mereka, uang bisa cair pada kuartal II 2017. Sumur blok Mahakam  ditargetkan bisa beroperasi mulai 2018.

Editor: Rony Sitanggang

  • Blok Mahakam
  • Plt Menteri ESDM Luhut Panjaitan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!