Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Kredit Kembali Menguat

Tren pertumbuhan kredit yang fluktuatif merupakan hal yang wajar

BERITA | NASIONAL

Kamis, 15 Sep 2016 11:58 WIB

Author

Dian Kurniati

Menko Darmin Optimis Pertumbuhan Kredit Kembali Menguat

Darmin Nasution. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis pertumbuhan kredit yang saat ini melemah bisa menguat lagi. Darmin mengatakan, tren pertumbuhan kredit yang fluktuatif merupakan hal yang wajar. Kata dia, hingga akhir tahun nanti, pertumbuhan kredit akan kembali pulih seperti sebelum penurunan. 

"Kredit itu dari bulan ke bulan growth-nya masih turun-naik. Jadi, dua bulan sebelumnya dia juga turun, tapi bulan lalu naik. Ini turun lagi sedikit. Ya perubahan bulanan tidak harus membawa pada kesimpulan bahwa semuanya turun. Masih bisa naik lagi. (Dampaknya pada perumbuhan ekonomi kuartal ketiga?) Nanti deh, panjang penjelasannya," kata Darmin di Hotel Oriental, Kamis (15/09/16).

Darmin mengatakan, kinerja sektor jasa keuangan dalam negeri cenderung stabil. Darmin berkata, beberapa indikator seperti pertumbuhan kredit memang bisa fluktuatif dan menurun. Namun, kata dia, situasi itu bisa berbalik menjadi positif pada bulan-bulan berikutnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan kredit perbankan pada Juli 2016 tercatat sebesar 7,74 persen secara year on year. Nilai itu turun dari pertumbuhan kredit pada bulan sebelumnya yang ada di level 8,89% yoy. Selain itu, risiko kredit macet perbankan (non performing loan/NPL) juga meningkat, meski masih pada tingkat yang terkelola baik. Rasio NPL itu tercatat sebesar 3,18 persen, atau meningkat dibanding Juni sebesar 3,05 persen.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN