BERITA

KLHK Tunggu Perubahan RKU Perusahaan Kertas PT RAPP

""Nanti di dalam kawasan itu akan terlihat mana yang gambut dalam mana yang kubah gambut. Itu kan nggak bisa diekspolitasi. Dan itu akan mengubah dasar RKU-nya,""

KLHK Tunggu Perubahan RKU Perusahaan Kertas PT RAPP
Ilustrasi: Kepala BRG Nazir Foead dihadang petugas keamanan RAPP saat melakukan sidak di Pulau Padang. (Sumber: BRG)



KBR, Jakarta- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) fokus menunggu perubahan Rencana Kerja Umum (RKU) perusahaan kertas  PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Hal itu dilakukan usai KLHK menghentikan aktivitas perusahaan itu.

Juru Bicara KLHK, Novrizal Tahar, mengatakan  juga  akan mempelajari Rencana Kerja Tahunan (RKT) perusahaan itu. Kata dia, pemerintah akan melihat komitmen perusahaan itu dalam melindungi wilayah konsesinya.


"Sampai didapatkan lagi peta gambutnya," ujarnya kepada KBR, Jumat (9/9/2016).


"Nanti di dalam kawasan itu akan terlihat mana yang gambut dalam mana yang kubah gambut. Itu kan nggak bisa diekspolitasi. Dan itu akan mengubah dasar RKU-nya," tambah dia lagi.


Novrizal menambahkan, KLHK juga akan mengawasi penerapan RKT perusahaan kertas itu. Sehingga, pelaksanaan di lapangan tidak melenceng dari apa yang telah dituliskan perusahaan.


Kata dia, pengawasan itu akan dilakukan oleh tim antara KLHK dan Badan Restorasi Gambut yang akan melakukan restorasi gambut di Kepulauan Meranti, Riau.

"Meranti adalah prioritas yang harus direstorasi gambutnya," imbuhnya.

Sebelumnya, BRG menemukan adanya pembukaan lahan baru di lahan RAPP. Hal itu ditemukan dalam sidak ke wilayah konsesinya di Pulau Padang, awal pekan ini. RAPP berdalih lahan itu sudah dibuka sejak lama sebelum terjadinya kebakaran hutan. KLHK memutuskan menghentikan aktivitas RAPP di Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau  sampai selesainya pemetaan Badan Restorasi Gambut (BRG).


Editor: Rony Sitanggang 

  • BRG dihalangi penjaga RAPP
  • PT RAPP
  • Juru Bicara KLHK
  • Novrizal Tahar
  • lahan gambut

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • putra8 years ago

    Mari Kita Bantu Sahabat Yang Kurang Mampu, Yatim/Piatu/Jompo dan Penyandang Cacat. SALURKAN BANTUAN BERBAGI UNTUK SESAMA,KLIK URL DIBAWAH : http://www.okeynotes.com/pages/donation