BERITA

5 Desa di Banyuwangi Krisis Air Bersih

"Kelima desa tersebut berada di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Wongsorejo dan Kecamatan Tegaldelimo. "

5 Desa di Banyuwangi Krisis Air Bersih
Ilustrasi krisis air bersih. Foto: Creative Commons

KBR, Banyuwangi- Sebanyak 5 desa di Banyuwangi, Jawa Timur mengalami krisis air bersih. Juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam mengatakan, desa tersebut berada di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Wongsorejo dan Kecamatan Tegaldelimo.


Menurutnya, BPBD telah mengirimkan air ke 5 desa tersebut. Setiap dusun mendapatkan satu tandon yang berisi maksimal 3.000 liter air.


“Memang ada anomali iklim, ada beberapa laporan misalkan di Kecamatan Wongserjo tapi itupun Kecamatan Wongsorejo tidak menyeluruh hanya ada beberapa desa. Kaya Desa Watukebo itu sudah ada keluhan karena hari tampa hujanya cukup lama, ada permintaan droping air,” kata Eka Muharram (14/9/2016).


Eka Muharam menambahkan lembaganya akan terus mengirimkan air bersih ke daerah krisis air hingga kebutuhan air bersih terpenuhi. Sementara terkait daerah rawan krisis air, Eka menyebut ada 9 kecamatan. Di antaranya Tegaldlimo, Pesanggaran, Bangorejo, Kalipuro, Wongsorejo, Purwoharjo, Muncar, Gambiran dan Tegalsari.


Kesembilan kecamatan tersebut berada di daerah hilir, sehingga jika tidak ada hujan dalam durasi cukup lama, maka akan kekurangan air. Eka meminta masyarakat dapat meminta pengiriman air bersih ke lembaganya jika sudah kekurangan air.

Berita lain: Repotnya Pemprov Jateng Atasi Penambang Nakal


Editor: Sasmito

  • krisis air bersih
  • banyuwangi
  • BPBD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!