BERITA

Tujuh PR untuk Kabareskrim Anang Iskandar

"Tujuh pekerjaan rumah (PR) Kabareskrim Anang tersebut direkomendasikan ICW berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan terhadap sepak terjang Kabareskrim sebelumnya, Budi Waseso. "

Tujuh PR untuk Kabareskrim Anang Iskandar
Ilustrasi. (Foto: humas.polri.go.id)

KBR, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis tujuh agenda yang harus segera dilakukan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) POLRI, Anang Iskandar. 

Tujuh pekerjaan rumah (PR) Kabareskrim Anang tersebut direkomendasikan ICW berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan terhadap sepak terjang Kabareskrim sebelumnya, Budi Waseso. 

Berikut adalah rekomendasi agenda prioritas tersebut:

1. Menghentikan kriminalisasi atas para pegiat anti korupsi, sebagaimana tercantum dalam poin pencegahan korupsi dalam Inpres Nomor 7 Tahun 2015 tentang strategi nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

2. Meningkatkan fokus pada penanganan kasus pidana besar dan menarik perhatian publik, bukan justru menangani "kasus sederhana" seperti laporan pencemaran nama baik.

3. Memperbaiki koordinasi yang baik dengan aparat penegak hukum atau lembaga lainnya untuk memaksimalkan agenda pemberantasan korupsi, sekaligus dalam penanganan kasus dugaan korupsi seperti Pelindo II, TPPI, Pertamina Foundation dan Pengadaan UPS di DKI Jakarta

4. Memperkuat supervisi dengan jajaran direktorat atau unit tindakan pidana korupsi pada tingkat Polda dan Polres dalam penanganan korupsi daerah.

5. memperkuat Direktorat Tipikor Mabes POLRI sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi lembaga Kepolisian

6. Mengembalikan wibawa dan kepercayaan publik terhadap Kepolisian dengan tidak bertindak arogan yang mengatasnaman penegak hukum

7. Menghentikan segala macam tindakan yang bertentangan dengan kepijakan Presiden Republik Indonesia sebagai pemimpin tertinggi negara.

Kepala Badan Narkotika Nasional Anang Iskandar dan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Budi Waseso bertukar posisi, pada Senin (7/9). Anang dilantik menjadi Kabareskrim pada Senin, sedangkan keesokan harinya, Selasa (8/9) Budi Waseso dilantik menjadi Kepala BIN yang baru.

Editor: Agus Luqman 

  • Bareskrim Polri
  • Mabes Polri
  • anang iskandar
  • budi waseso
  • ICW
  • Kriminalisasi KPK

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!