BERITA

Sutiyoso: BIN Seharusnya Dapat Anggaran Lebih Besar

" Sebagai lembaga telik sandi yang memiliki kegiatan banyak, serta sebagai unsur penting keamanan negara, Sutiyoso berpendapat, seharusnya lembaganya diberi dana yang lebih besar. "

Bambang Hari

Sutiyoso: BIN Seharusnya Dapat Anggaran Lebih Besar
Kepala BIN Sutiyoso. (Foto: seskab.go.id)

KBR, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso heran lantaran lembaganya mendapat porsi anggaran yang kecil dalam APBN.

Sebagai lembaga telik sandi yang memiliki kegiatan banyak, serta sebagai unsur penting keamanan negara, Sutiyoso berpendapat, seharusnya lembaganya diberi dana yang lebih besar.


Tapi anehnya, kata Sutiyoso, anggaran yang kecil itu pun masih dipotong hingga hampir setengahnya.


"Terus terang saya heran mengapa anggaran BIN sangat kecil. Kegiatan kami banyak. Kami juga sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan negara, tetapi anggaran yang sudah kecil dipotong lagi. Ini yang masih kami rembug. Anggaran dipotong hampir setengahnya," kata dia di sela-sela rapat dengan Anggota DPR.


Sebelum menjadi Kepala BIN, Sutiyoso siap membahas dan berkonsultasi dengan Komisi DPR yang membidangi pertahanan mengenai kenaikan anggaran BIN pada 2016.


Pada APBN 2015, BIN memiliki anggaran sebesar Rp2,6 triliun. Namun, pada RAPBN 2016, anggaran BIN turun menjadi Rp2,01 triliun.


Editor: Agus Luqman 

  • sutiyoso
  • Badan Intelijen Negara
  • BIN
  • intelijen
  • anggaran negara
  • APBN 2016

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!