BERITA

Penderita ISPA Meningkat, Satgas Asap Masih Berkutat Bahas Evakuasi Warga

"Ketua Satgas Nasional untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, Bambang Hendroyono mengatakan, salah satu pembahasan adalah lokasi tempat pengungsian."

Penderita ISPA Meningkat, Satgas Asap Masih Berkutat Bahas Evakuasi Warga
Masker pencegah ISPA/Antara Foto.

KBR, Jakarta- Pemerintah hingga kini masih membahas rencana evakuasi warga yang terpapar kabut asap di sejumlah daerah. Padahal penderita ISPA akibat asap terus mengalami peningkatan.

Ketua Satgas Nasional untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, Bambang Hendroyono mengatakan, salah satu pembahasan adalah lokasi tempat pengungsian. Dia mengakui tempat evakuasi saat ini tak murni terbebas dari kabut asap.

"Sekarang ini mempersiapkan bagaimana kualitas udara yang semakin hari semakin kurang. Khususnya di 5 provinsi Riau, Sumsel, Jambi, Kalbar, Kalteng dan juga Kalsel. Ini sedang mempersiapkan agar tidak lebih parah lagi. Itu yang menjadi prioritas," jelas Nambang Hendroyono kepada KBR


Bambang Hendroyono menambahkan lima ribuan anggota TNI dan Polri juga sudah diterjunkan untuk ikut memadamkan api di lapangan.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan menyebut penderita ISPA meningkat 11 persen atau bertambah 2200an orang. Secara keseluruhan, penderita ISPA karena kabut asap ini mencapai 22 ribu jiwa.

Kementerian Kesehatan akan mengirimkan puluhan ribu masker, obat dan makanan pendamping ASI, untuk membantu masyarakat Riau yang terpapar asap.


Editor : Sasmito Madrim

  • Kabut Asap Riau
  • Penderita ISPA
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!