Pemerintah Minta Pemda tak Ragu Tindak Pembakar Hutan/Lahan

Pemerintah minta pemda identifikasi lahan gambut di daerahnya

BERITA | NASIONAL

Selasa, 15 Sep 2015 18:38 WIB

Author

Wydia Angga

Ilustrasi: Kebakaran lahan sawit di Jambi (Foto: KBR/Andi I.)

Ilustrasi: Kebakaran lahan sawit di Jambi (Foto: KBR/Andi I.)

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan  mengingatkan kepala daerah untuk membaca kembali Instruksi Presiden nomor 16 tahun 2011 soal tugas pokok masing-masing kepala daerah dalam konteks kebakaran hutan yakni koordinasi antar gubernur dan bupati. Tujuannya  supaya seluruh daerah bisa dijangkau. Ia juga menegaskan kepada kepala daerah untuk tidak main-main dalam menindak pelaku kebakaran hutan dan lahan.

"Jangan ada keragu-raguan untuk menindak pelaku atau pemilik perkebunan yang kawasannya terjadi kebakaran. Karena ini masalah harga diri. Dan saya harap kepala daerah tidak main-main," kata Luhut (15/9/2015).

Luhut juga meminta para Gubernur yang menghadapi kebakaran hutan dan lahan untuk segera mengidentifikasi lahan-lahan gambut di wilayahnya dalam waktu dekat. Ia ingin para Gubernur mendata berapa persen dari lahan gambut itu yang kini berubah menjadi lahan perkebunan. Ia pun menyebut bahwa pemberian lahan gambut untuk dijadikan lahan perkebunan adalah sebuah kesalahan. Karenanya ia tegaskan kepada para kepala daerah untuk  lebih tegas menindak pemilik perkebunan yang kawasannya terbakar itu.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN