BERITA

Menteri Marwan Temukan Permainan Dana Desa untuk Pilkada

"Kata Marwan, hampir sebagian besar daerah yang tahun ini mengikuti pilkada serentak memainkan dana tersebut. "

Aisyah Khairunnisa

Menteri Marwan Temukan Permainan Dana Desa untuk Pilkada
Menteri Desa Marwan Jafar/Foto Friska KBR.

KBR, Jakarta – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar menemukan modus permainan dana desa di tingkat kabupaten. Kata Marwan, hampir sebagian besar daerah yang tahun ini mengikuti pilkada serentak memainkan dana tersebut.

Kata dia, modusnya pihak kabupaten menahan dana tersebut sebelum pihak desa meneken perjanjian untuk mendukung salah satu calon kepala daerah. Meski demikian, Marwan tak mencontohkan satupun daerah yang memainkan dana desa tersebut.


“Jangan untuk main-main soal pilkada. Dana desa itu memang untuk kesejahteraan masyarakat desa. Jangan dimainkan untuk pilkada. Memang ada beberapa yang nakal. Sengaja disandera dana itu, gak disalurkan ke desa-desa, deal dulu lah sama kepala desanya. Itu ada juga,” kata Marwan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (7/9/2015).


Marwan menambahkan, pihaknya tengah menyiapkan sanksi kepada kepala daerah yang menahan dana desa tersebut. Misalnya sanksi dari Mendagri untuk menyetop Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten tersebut.

Kata Marwan, kunci penyaluran dana desa berada di tangan kepala daerah. Kini masih ada 40 ribuan lebih desa yang belum menerima dana desa sebesar Rp 250-an juta.?


Editor : Sasmito Madrim

  • pencairan dana desa
  • Menteri Desa Marwan Jafar
  • pilkada serentak
  • dana desa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!