BERITA

KPK Perlu Perkuat Posisi

"KPK masih akan terus mengundang para tokoh dan pakar untuk melakukan FGD terkait perumusan renstra 2015-2019. "

KPK Perlu Perkuat Posisi
Bekas Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto. Foto: Antara

KBR, Jakarta- KPK dinilai harus lebih memperhatikan koordinasi antar lembaga serta memperkuat posisi lantaran ada dua lembaga lain yakni Kejaksaan dan Kepolisian yang memiliki fungsi sama namun dengan jaringan lebih luas dari KPK. Hal itu disampaikan Mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto saat diundang KPK untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) soal rencana strategis (renstra) lembaga anti rusuah tersebut pada periode mendatang.

"Tadi saya menggarisbawahi tentang masalah koordinasi antar lembaga. Saya juga menggarisbawahi mengenai positioning dari KPK, saya kira mesti lebih tajam lagi. Saya kira positioning KPK, saya kira ini yang paling pokok, jadi bagaimana, begini ada dua lembaga lain yang mempunyai fungsi yang sama bahkan mempunyai jaringan lebih luas lagi dari KPK, oleh karena itu KPK perlu memetakan dirinya dalam posisi yang lebih tepat sehingga tidak mudah ditarik ke wilayah yang friksional dan lain-lain," jelas Kuntoro di kantor KPK, Selasa (1/9/2015). 

Kedepannya, KPK masih akan terus mengundang para tokoh dan pakar untuk melakukan FGD terkait perumusan renstra 2015-2019. Kuntoro Mangkusubroto diundang pertama lantaran renstra periode 2015-2019 yang akan dirumuskan KPK harus menyesuaikan dengan strategi nasional yang merupakan bidang pekerjaan yang digeluti Kuntoro semasa menjabat sebagai ketua UKP4 pada masa Presiden SBY.

Editor: Malika

 

  • KPK
  • Renstra KPK
  • Kuntoro Mangkusubroto

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!