BERITA

KLHK : Hasil Penyelidikan Asap Untuk Solusi Jangka Pendek

KLHK : Hasil Penyelidikan Asap Untuk Solusi Jangka Pendek

KBR, Jakarta - Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono mengatakan timnya sudah terjun ke lokasi-lokasi kebakaran hutan untuk menyelidiki penyebab kebakaran. Menurutnya, hasil penyelidikan akan digunakan sebagai upaya penyelesaian dalam jangka pendek.

Bambang memastikan akan ada penegakan tegas, mulai dari sanksi administratif sampai pencabutan izin.

"Paling utama tiga hal, yakni pemadaman, penegakan hukum dan dampak dari kebakaran yakni kesehatan. Tiga hal itu akan menjadi target penyeleseian satgas dalam jangka pendek ini."

Sebagai info, bencana kabut asap di wilayah Sumatera tidak kunjung reda, bahkan kemarin sempat melumpuhkan penerbangan di tiga bandar udara di Sumatera. Diantaranya Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Sumatera Selatan dan Bandara Sultan Thaha Jambi.

Otoritas pemantau cuaca BMKG juga menyebut jumlah titik panas kebakaran hutan dan lahan (hotspot) meningkat. Terbanyak di Jambi dan Sumatera Selatan. Karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan menyelidiki langsung lahan dan hutan yang terbakar di sejumlah provinsi. Penyelidikan dilakukan mulai Selasa kemarin. Salah satunya di Sumatera Selatan yang memiliki titik api cukup banyak.

Editor : Sasmito Madrim

  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Kabut Asap Riau
  • sumatera

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!