BERITA

Kemenag Pastikan Belum Ada Korban Baru dalam Tragedi Mina

Kemenag Pastikan Belum Ada Korban Baru dalam Tragedi Mina

KBR, Jakarta- ­ Kementerian Agama (Kemenag) mengaku, belum menerima konfirmasi apapun perihal adanya hukuman pancung oleh Pemerintah Arab Saudi kepada sejumlah petugas, karena dianggap bertanggung jawab atas tragedi Mina, kemarin. Sementara itu, soal korban dari jemaah asal Indonesia, Juru Bicara Kemenag Rosidin menyatakan, belum ada penambahan jumlah jemaah haji asal Indonesia yang menjadi korban insiden tersebut. Kata dia, jumlah korban meninggal yang terdata masih tiga orang, dan satu jemaah lainnya mengalami luka serius.  

"Saat ini masih sama dengan data yang tadi malam. Satu orang meninggal dunia belum diidentifikasi namanya karena di badannya tidak ada identitas sedikitpun. Gelang sudah lepas, buku­buku yang biasa dikalungkan juga sudah lepas, tinggal slayer yang di leher itu ya. Terkait adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi soal hukuman (pancung) itu saya sampai saat ini belum terima informasi apapun." jelasnya, Jumat (25/9/2015).

Sebelumnya, beredar kabar, Pengadilan Syariat Arab Saudi menjatuhkan hukuman pancung kepada 28 petugas yang dianggap bertanggung jawab atas terjadinya Tragedi Mina yang menewaskan sedikitnya 717 jamaah haji dari berbagai negara. Hukuman pancung tersebut akan dilaksanakan di depan jemaah, hari ini. Namun beberapa pihak berspekulasi hukuman itu berkaitan dengan tudingan atas konvoi Pangeran Mohammad bin Salman al Saud yang dituduh sebagai penyebab tragedi. Keluarga kerajaan dianggap menjadikan para petugas haji sebagai kambing hitam atas insiden itu. 

Editor: Malika

  • Kemenag
  • Mohammad bin salman
  • tragedi Mina
  • wni
  • jamaah haji

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!