BERITA

Jokowi Lantik Willem Rampangilei Jadi Kepala BNPB

Jokowi Lantik Willem Rampangilei Jadi Kepala BNPB
Willem Rampangilei ditunjuk sebagai Kepala BNPB yang baru, menggantikan Syamsul Maarif. (Foto sumber situs: kemendagri.go.id)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik Willem Rampangilei menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Willem menggantikan Syamsul Maarif yang sudah menjabat sebagai Kepala BNPB selama tujuh tahun. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Willem dipilih lantaran Jokowi melihat Laksama Muda TNI Angkatan Laut itu mempunyai kompetensi dan pengalaman di bidang tanggap bencana.

"(Kepala) BNPB itu yang dilantik adalah Pak Willem, salah seorang deputi di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (7/9/2015).

Pratikno mengatakan penggantian Kepala BNPB di tengah bencana asap tak berarti kinerja Syamsul Maarif buruk. Ia menyatakan bahwa pergantian jabatan ini hanya rotasi biasa di tubuh lembaga negara.

Willem dilantik Senin (7/9) sore ini pukul 15.00 WIB di Istana Negara. Pengangkatan Willem tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 92/P/2015 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

Willem Rampangilei sebelumnya menjabat Deputi I Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Deputi ini membawahi bidang Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial.

Editor: Agus Luqman 

  • BNPB
  • Kepala BNPB
  • Syamsul Maarif
  • Willem Rampangilei
  • kabut asap
  • penanganan bencana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!