BERITA

Jokowi Berambisi Bangun Kilang Minyak 2018, Ini Alasannya

"Jokowi meminta agar pembangunan kilang minyak selesai pada 2018."

Aisyah Khairunnisa

Jokowi Berambisi Bangun Kilang Minyak 2018, Ini Alasannya
Presiden Joko Widodo

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta Kementerian ESDM dan Pertamina membangun kilang dan tempat penyimpanan minyak untuk jangka panjang. Hal ini disampaikan Menteri ESDM Sudirman Said selepas mengikuti rapat kabinet terkait persediaan BBM Pertamina. Dalam rapat itu Jokowi meminta agar pembangunan kilang minyak selesai pada 2018.

"Lalu sedang diproses perpres (peraturan presiden) untuk percepatan pembangunan kilang, yang sebentar lagi akan diumumkan. Ini memberikan kesempatan dan pada Pertamina untuk segera melaksanakan investasinya. Baik dengan dana sendiri maupun dengan dana investor, bahkan antara pemerintah dan swasta," kata Sudirman dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2015).

Sudirman menambahkan, kebutuhan dollar Pertamina saat ini menjadi yang tertinggi, sekitar 60-80 juta USD per hari dari Bank Indonesia. Oleh karena itu Jokowi meminta Pertamina mengambil upaya dan kebijakan untuk menekan penggunaan dollar. 

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto  mengatakan, swasta berperan dalam menekan penggunaan dollar. Pihaknya ingin memakai metode konsinyasi (membayar setelah memakai) dengan swasta. 

Editor: Malika

  • kilang minyak
  • Joko Widodo
  • sudirman said
  • Pertamina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!