BERITA

Ini Permintaan Jokowi untuk Perkuat Penanganan Kebakaran Hutan

Kepala BNPB Syamsul Maarif memberikan keterangan pers selepas rapat bersama Presiden Joko Widodo men

KBR,Jakarta- Presiden Joko Widodo meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap untuk memperkuat penanganan kebakaran hutan dan lahan. Hal ini disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif selepas rapat terbatas bersama presiden, Panglima TNI, Kapolri, Mendagri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Kata Syamsul, Jokowi memerintahkan tim untuk segera membuka 8 posko bencana asap di Sumatera dan Kalimantan. 

"Bapak Presiden sangat concern untuk masalah kebakaran lahan dan hutan ini. Kemudian perintah beliau untuk segera dirapatkan lagi. Dikuatkan lagi aktivitas ini dengan membuka 8 posko. Empat posko di Kalimantan dan 4 posko di Sumatera," kata Syamsul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (4/9/2015).

Syamsul menambahkan, dalam waktu dekat presiden juga berencana untuk datang ke Riau untuk mengecek kebakaran hutan dan lahan. Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini hampir 80% wilayah Sumatera sudah tertutup asap. Dengan jarak pandang hanya 300 menter hingga 600 meter. 

Kata Sutopo, sudah ada sekitar 25 juta jiwa masyarakat yang terpapar asap. Sementara ribuan orang menderita gangguan pernapasan ISPA. ? 

Editor: Malika

  • Penanggulangan Bencana Asap
  • Syamsul Maarif
  • kebakaran
  • pemadaman kebakaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!