BERITA

Diprotes Soal Asap, Istana Sindir Balik Singapura

"Singapura diminta bersabar dan memahami upaya Indonesia memadamkan kebakaran hutan dan lahan."

Aisyah Khairunnisa

Diprotes Soal Asap, Istana Sindir Balik Singapura
Ilustrasi (Foto: KBR/Alex)

KBR, Jakarta – Pihak Istana menyindir Singapura yang memprotes pekatnya asap dari Sumatera dan Kalimantan. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, Singapura seharusnya bersabar dan memahami upaya Indonesia memadamkan kebakaran hutan dan lahan dalam kondisi kemarau panjang ini. Apalagi, kata Teten, selama ini Singapura sudah menikmati udara segar dari hutan-hutan di Indonesia.

“Tapi saya kira Singapura harus memahami kesulitan kita untuk memadamkan ini karena ini bukan satu hal yang sederhana. Dan saya kira Singapura juga cukup menikmati lah selama ini suplai oksigen dari Indonesia selama 9 bulan dan kita tahu juga banyak industri kebun, tambang yang juga menyimpan hasil ekspornya di Singapura,” kata Teten di Kantor Presiden, Senin (28/9/2015).


Teten menambahkan, pemerintah terus berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. “Pemerintah tidak diam bahkan sekarang memikirkan bagaimana kebakaran hutan yang terus menerus terjadi selama 17 tahun ini bisa kita hentikan,” kata Teten.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Singapura K. Shanmugam menyatakan kemarahannya terhadap penanganan asap oleh pemerintah Indonesia. Ia menyebut pemerintah Indonesia sangat tidak memikirkan keselamatan warga Singapura dan warga Indonesia sendiri.


Editor: Rony Sitanggang

  • bencana asap
  • Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki
  • Menteri Luar Negeri Singapura Shanmugam
  • pemadaman kebakaran hutan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!